Animasi dan Desain Grafis


SEJARAH SINGKAT ANIMASI
Perkembangan sejarah animasi dimulai pada tahun 1883 pada waktu itu muncul istilah stroboskopik sebagai dasar dari sinematografi yang membuat benda bergerak secara memutar. Setelah penemuan itu, seseorang bernama H.W. Goodwin menemukan film dari seluloid yang dapat menampung gambar sekaligus.Karena penemuan Goodwin ini, Thomas Edison selanjutnya mengembangkan penemuan tersebut dengan menghasilkan gambar bergerak di dinding dengan bantuan serangkaian roda.
Kemudian, pada tahun 1899, pertama kalinya animasi dengan suara dengan menggunakan alat perekam magnetik. Tetapi, Walt Disney lah yang membuat film animasi bersuara untuk pertama kalinya. Film tersebut adalah Mickey Mouse yang diputar perdana pada tahun 1928.
Selain itu film animasi tidak hanya dari Amerika Serikat seperti Disney, Jepang juga mengeluarkan film animasi mereka yang dikenal sebagai anime.
Anime telah berhasil mendominasi layar kaca televisi pada era 1950-1980an, salah satunya yaitu Doraemon. Dan hingga sampai saat ini, Doraemon juga masih sering dijumpai.


Illustrasi by: Surachmad Pratama (RuanGuru)


PENGERTIAN
Animasi adalah gambar bergerak yang berasal dari kumpulan berbagai objek yang disusun secara khusus sehingga bergerak sesuai alur yang sudah ditentukan pada setiap hitungan waktu.
JENIS-JENIS ANIMASI
1.     Animasi Tradisional
Yang dikenal dengan istilah cel animation. Jenis animasi ini merupakan jenis animasi generasi pertama. Yang dimulai diawal abad 20, para animator di awal abad 20 ini harus menggambar setiap framenya sehingga menghasilkan sebuah sequence.
2.     Animasi 2D
Animasi ini dikenal dengan animasi baerbasis vector. Dengan menggunakan sofware-software yang ada di komputer seperti : Flash, Adobe After Effect, dan Adobe Illustrator.
3.     Animasi 3D
Animasi ini juga menggunakan software pada komputer untuk membuatnya. Seperti : Autodesk Maya, 3Ds Max, Blender.
4.     Motion Graphic
Disini digunakan untuk menjelaskan berbagai hal yang kompleks sehingga mudah untuk dimengerti atau dipahami. Seperti video tutorial.

            PRINSIP-PRINSIP ANIMASI
Terdapat prinsip dari tahapan-tahapan dalam membuat suatu animasi yaitu:

1.     Solid Drawing


2.     Timing & Spacing


3.     Squash & Stretch


4.     Anticipation


5.     Slow In & Slow Out


6.     Arcs


7.     Secondary Action


8.     Follow Through & Overlapping Action


9.     Straight Ahead & Pose To Pose

10.  Staging


11.  Appeal


12.  Exaggeration



REFERENSI




PENGERTIAN
Desain grafis adalah suatu proses komunikasi dengan menggunakan elemen visual/gambar, seperti tipografi, fotografi, serta ilustrasi yang diartikan untuk menciptakan persepsi akan suatu pesan yang akan disampaikan.

JENIS-JENIS DESAIN GRAFIS
Ada beberapa jenis dari desain grafis yang sering digunakan, seperti dibawah ini:

1.     Drafter
Yang membuat rancangan bangunan atau
2.     Editor
Yang membuat/menyunting cover atau sampul, banner, stiker, logo, poster, kartu nama, dan lainnya.
3.     Layouter
Yang membuat tata letak pada koran atau majalah agar indah dipandang mata pembaca.
4.     Art Director
Yang membuat karya seni berupa visual effect atau hiasan.
5.     Fotografer
Yang menyunting foto.
6.     Animator
Yang membuat dan menyunting dalam bidang motion grafis, iklan dan juga film fantasi.
7.     Visualisator
Yang memberikan suatu gambaran dalam sebuah karya produk yang berbentuk riil atau 3D.
8.     Video Editor
Yang menyunting film atau video sekaligus merangkapnya sebagai video shooter.


PRINSIP DAN ELEMEN DESAIN GRAFIS
Prinsip-prinsip dan elemen yang ada pada desain grafis, seperti:

·       Ruang Kosong (White Space)
·       Keseimbangan (Balance)
·       Kejelasan (Clarity)
·       Ritme (Rhythm)
·       Kesederhanaan (Simplicity)
·       Tekanan (Point of Interest atau Emphasis)
·       Proporsi (“proportion”) dan kesatuan (unity)


Secara garis besar, terdapat 10 elemen desain, diantaranya yaitu:
·       Line (Garis)
·       Form & Space (Bentuk & Ruang)
·       Color (Warna)
·       Type (Teks)
·       Texture & Image (Tekstur & Gambar)
·       Balance (Keseimbangan)
·       Contrast (Kontras)
·       Continuity (Kontinuitas)
·       Repetition (Repetisi)
·       Unity (Kesatuan).




REFERENSI
https://id.wikipedia.org/wiki/Desain_grafis

Komentar

Postingan populer dari blog ini

ADOBE FLASH: (Pengertian, Fungsi tools, Kelebihan & Kekurangan)

Pengertian, Karakteristik dan Contoh Sistem Cerdas